Pembahasan Tentang Keyword Yang Tepat Untuk Judul Postingan

Leave a Comment
Pembahasan Tentang Keyword Yang Tepat Untuk Judul Postingan




Dalam dunia SEO, sebelum Anda bisa memarketingkan brand / produk / jasa Anda secara
maksimal ada beberapa tahapan yang perlu dilalui. Yakni Keyword Research atau Riset Keyword
(kata kunci). Seberapa pentingkah Riset Keyword ini? Jawabannya adalah sepenting brand /
produk / jasa yang bisa Anda tawarkan kepada yang akan membelinya. Sehingga Riset Keyword
ini membutuhkan waktu khusus yang tidak sebentar, bergantung seberapa rumit konsep brand
/ produk / jasa Anda.

Tentunya riset keyword barang yang bisa langsung dipakai jauh lebih mudah ketimbang riset
keyword barang yang harus dipelajari penggunaannya hingga didapatkan manfaatnya. Contoh
ketika Anda menjual boneka doraemon pastinya jauh lebih mudah ketimbang menjual "kartu
belajar bahasa arab".

Yang jelas riset keyword ini betul-betul harus dilakukan agar Anda bisa mengetahui segmentasi
pasar. Di samping anda akan mengetahui keyword apa saja sih yang biasanya di cari orang,
tapi secara otomatis Anda pun akan tahu siapa sih calon pembelinya, apakah ia wanita atau
pria, berapa range usianya, anak-anak, dewasa, orang tua, ataukah kakek atau nenek,
segmentasi berdasarkan pekerjaannya, mahasiswa ataukah pebisnis, ibu-ibu ataukah bapakbapak. Sehingga Anda bisa menjual brand / produk / jasa tepat sasaran. Marketing tepat dan
mantap, penjualan pun melonjak nanjak.

Hasil riset keyword ini bisa Anda terapkan langsung ke dalam blog / website Anda sehingga
website menjadi lebih SEO friendly, selain itu Anda pun bisa langsung memarketingkan produk
Anda berdasarkan hasil dari riset keyword tadi. SEO friendly adalah sebuah istilah dimana
website Anda akan lebih dikenal oleh search engine sesuai dengan keyword yang Anda
targetkan.

  • Mulai Riset Keyword
Langkah pertama, yang harus Anda lakukan adalah tentukan produk Anda. Apakah di bidang
makanan, fashion, kesehatan, otomotif, properti, produk yang lain atau mungkin jasa?
Misalkan produk Anda itu seputar kesehatan. Yakni Madu.

Langkah kedua, Anda harus bisa menjabarkan manfaat produk Anda dalam hal ini madu ke
dalam beberapa kalimat, sehingga ketika produk ini dimarketingkan maka pasarnya betul-betul
tersegmentasi dengan benar. Lagi-lagi yang harus Anda pikirkan adalah, apa yang membuat
orang membeli produk Anda, seberapa pentingnya orang mengambil manfaat dari produk/jasa
yang Anda jual. Jika madu yang Anda jual maka pastinya Anda tahu betul orang-orang seperti
apa yang memanfaatkan madu dan telah mendapatkan khasiat dari madu tersebut. Sehingga
berfikir secara fundamental benar-benar amat dibutuhkan. Sebagai contohnya jika Anda
menjual madu, maka madu itu kaitannya erat sekali dengan khasiat madu untuk kesehatan
maupun khasiat madu dalam menyembuhkan penyakit.

Sehingga kata kunci utama adalah kesehatan dan penyakit, belakangan ketika menjual obat itu
sangat laris jika menjualnya kepada orang yang terkena penyakit maupun yang ingin
mencegahnya. Atau pikiran fundamentalnya yaitu Anda memberikan solusi atas suatu
permasalahan. Sehingga orang yang mengalami suatu permasalahan inilah yang menjadi target
market Anda. Sehingga keyword untuk madu yang Anda jual paling tidak terdiri dari, khasiat
madu untuk kesehatan, dan obat suatu penyakit. Dari sini sudah ketahuan siapa saja yang
akan membeli produk Anda, madu. Setelah itu baru kita bisa lanjut meriset keyword
menggunakan tools / alat-alat yang bisa membantu Anda.

Langkah ketiga, disinilah Anda bisa bereksperimen untuk mendapatkan keyword-keyword
yang jitu dan ampuh dalam memarketingkan produk Anda tadi. Ada beberapa Keyword
Research Tool yang sangat ampuh dalam memberikan suggestion/anjuran keyword-keyword
yang bisa Anda gunakan, sebagai contohnya ada Google Keyword Planner, Google Trends,
Google Suggest, Keyword Tracker dan banyak lagi.

Sekian Pembahasan tentang Keyword tepat untuk judul Postingan, semoga bisa bermanfaat untuk para Blogger sekalian. Baca juga Artikel  Cara Kerja Search Engine Di Balik Layar.

Salam erat

Admin Blog Kita

0 comments:

Post a Comment